The Supercomputra

Published on 7 Aug 2020 by Putra

Hello From 100% JavaScript Free Static Blog

Ketika berbicara tentang membangun sebuah blog modern tentu yang terpikirkan pertama adalah JavaScript dan banyaknya pilihan library berbasis Node yang dapat kita gunakan. Ini adalah blog kesekian saya yang saya tulis ulang dari awal, namun yang menarik dari blog ini adalah dibuat dengan menggunakan static site generator library bernama Publish tanpa menggunakan Javascript sama sekali.

Tentang Publish

Publish adalah library yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman Swift oleh John Sundell. Dengan ditulisnya library ini menggunakan bahasa pemrograman Swift, praktis hal ini mendatangkan sejumlah kelebihan salah satunya adalah static type system dan ekstensibilitas yang diusung oleh Swift. Hal ini juga didukung dengan kelebihan Swift yang memiliki build time dan run time yang dalam hal ini membuat Swift lebih aman daripada JavaScript karena semua eksekusi hanya dijalankan sekali saja yaitu pada saat web di-generate.

Penyuntingan & Penulisan

Berbicara aspek penulisan dan penyuntingan pada konten blog saya menggunakan markdown file untuk selanjutnya dilakukan proses parsing menjadi sebuah artikel dalam bentuk HTML. Kemudian untuk setiap kali saya menyunting atau membuat tulisan saya cukup hanya melakukan update pada file markdown tersebut. Ini juga dapat dilakukan langsung dari editor di GitHub.

Deployment

Deployment cukup terbilang mudah walau untuk beberapa kasus tidak begitu dijelaskan oleh dokumentasi Publish. Saat ini publish menyediakan fungsi untuk melakukan deployment dengan host sebagai GitHub page. Deployment dapat dengan mudah dilakukan dengan command line $ publish deploy

dan seketika blog saya langsung dapat diakses melalui GitHub page. Saya juga melakukan konfigurasi tambahan untuk menggunakan custom domain namun hal itu juga tidak sulit untuk dilakukan langsung dari halam setting dari repositori kamu.

Kesimpulan

Membangun sebuah website yang statik menjadi jauh lebih mudah dengan Swift sebagai bahasa yang jauh lebih modern dan typesafe namun library Publish ini tidak luput dari kekurangan. Sebagai library open source yang baru tentu beberapa fungsi masih disayangkan belum ditemukan namun kita dapat membuatnya dengan mudah sebagai Swift extension. Dokumentasi yang belum begitu lengkap juga diharapkan dapat berkembang seiring dengan makin banyaknya orang yang menggunakan library ini dan mau ikut berkontribusi. Untuk penjelasan lengkapnya tetang Publish dapat melihat video dibawah ini.